Jumat, 02 November 2012

Sejarah

Teknologi Informatika dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Communication Technologies (CT), merupakan usaha pemusatan yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. Teknologi informatika meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.
Sebagai makhluk sosial manusia membutuhkan untuk berkomunikasi dengan sesamanya dan merupakan kebutuhan penting untuk melakukan interaksi dengan baik. Manusia semestinya berupaya mencari dan mencipta sistem dan alat untuk saling berinteraksi dengan berbagai cara baik lewat gambar (bentuk lukisan), isyarat (tangan, asap, dan bunyi), huruf, kata, kalimat, tulisan, surat, telepon maupun internet. Perkembangan peradaban manusia akhirnya mengenal yang namanya Teknologi Informatika (Information Technology). Diawali dari  bentuk gambar yang tidak memiliki arti  di dinding-dinding gua, prasasti-prasasti hingga adanya informasi yang saat ini familiar ditelinga manusia yaitu internet.
Untuk mengkaji lebih dalam perkembangan informasi maka perlu dipahami mendalam sejarah teknologi informasi untuk mendapatkan keutuhan ilmu dan pengetahuan tentang teknologi informasi. Sejarah teknologi dapat kita bagi ke dalam masa pra-sejarah, masa sejarah, dan masa modern.

Perkembangan Teknologi Informatika
Masa Prasejarah
Masa (….s/d 3000 SM)
Teknologi informasi berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang meraka kenal. Pada masa prasejarah, manusia awalnya berkomunikasi dengan cara  menggambarkan informasi pada dinding-dinding gua tentang segala sesuatu yang pernah mereka lakukan. Kemudian seiring dengan proses pemindahan informasi ke dinding gua tersebut manusia mulai mengenal berbagai benda yang ada disekitarnya untuk melukiskan benda tersebut pada dinding-dinding gua. Pada awalnya manusia belum mampu memaksimalkan kemampaun berbicaranya, hanya bisa melakukan dengusan, bahasa isyarat dan gerakan tangan. Proses panjang membawa naluari manusia untuk menciptakan dan menggunakan alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.

Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400 –an M)
Di era ini teknologi informasi belum dikenal secara massal dan belum dipakai secara massal. Layaknya teknologi internet saat ini yang sudah dikenal massal teknologi informasi penggunaanya masih dalam kalangan terbatas saja. Penggunaanya juga hanya pada saat-saat khusus karena pembiayan yang dikeluarkan banyak dalam pemakaiannya.

Masa 3000 SM
Akhirnya diera ini manusia pertama kalinya mengenal tulisan. Tulisan tersebut dipakai bangsa Sumeria dengan symbol-simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf. Simbol atau huruf-huruf ini miliki bentuk bunyi yang berbeda (penyebutan), sehingga mampu menjadi kata , kalimat dan bahasa.

Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)
Perkembangan teknologi informatika di masa sejarah terbilang pesat. Cara berkomunikasi juga semakin maju pada masa sejarah. Hal ini terlihat dari ditemukannya abjad fonetik, kertas sebagai media menulis, sampai pada cara mencetak buku.

Masa 2900 SM
Diera ini progress terjadi pengenalan terhadap tulisan berkembang. Pemakainan huruf hierogliph pada bangsa Mesir kuno. Diaman Hierogliph itu sendiri adalah bahasa symbol dimana setiap ungkapan diwakili oleh symbol yang berbeda. Jika digabungkan menjadi satu maka akan memilki cara pengucapan dan arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa heirogliph ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria.
Masa 500 SM
Setelah dikenalnya tulisan maka akhirnya dikenal wadah untuk menuangksn tulisan tersebut meski belum sebaik yang saat ini dikenal. Serat papyrus digunakan sebagai kertas. Kertas ini terbuat dari serat pohon papyrus yang tumbuh disekitar Sungai Nil. Serat papyrus menjadi media menulis atau media informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya digunakan sebagai media informasi.

Masa 105 M
Bangsa Cina muncuk sebagai negara pertama yang menemukan kertas. Kertas yang ditemukan oleh bangsa Cina tersebut merupakan kertas yang saat ini dikenal diseluruh dunia yang berbahan dasar pulp. Pembuatan kertas ini dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, kemudian diratakan dan di keringkan. Penemuan ini memberikan pengaruh besar untuk perkembangan teknologi informasi di dunia. Penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta atau yang kalian kenal sekarang dengan sistem cap. 

Masa Modern (1400-an M s/d sekarang)
Tahun 1455
Dikenal namanya mesin cetak yang memakai plat huruf terbuat dari besi yang dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu dikembangkan untuk yang pertama kalinya oleh Johann Guntenberg.

Tahun 1830
Program komputer yang pertama di dunia ditulis oleh Augusta Lady Byron dan bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan mesin Analytical-nya. Alat cipatan mereka tersebut didesain mampu memasukkan data, mengola data, dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Sebagai bentuk komputer digital yang pertama dan cara kerjanya masih terbilang mekanis daripada bersifat digital, 94 tahun sebelum komputer digital pertama ENIAC 1 dibentuk .

Tahun 1837
Telegraf dikembangkan oleh oleh Samuel Morse dengan pemakaian kode Morse. Samuel Morse  bersama Sir Wiliam Cook dan Sir Charles Wheatstone mengirim secara elektronik pesan antara dua tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat. Pengiriman dan penerimaan informasi ini mampu dikirim dan diterima pada saat yang hampir bersamaan waktunya penemuan ini memungkinkan informasi dapat diterima. Hingga akhirnya dipakai secara luas oleh masyarakat tanpa dirintangi oleh jarak dan waktu.

Tahun 1861
Gambar bergerak yang diproyeksikan ke dalam sebuah layar pertama kali digunakan sebagai cikal bakal film sekarang pada zaman dulu proyektor ini berkembang dengan sebutan layar tancap.

Tahun 1876
Melvyl Dewey pada era ini ditandai dengan dikembangkannya sistem penulisan desimal.

Tahun 1877
Pada era ini telepon diciptakan dan dikembangkan oleh Alexander Graham Bell dan digunakan pertama kali secara umum. Edward Maybridge juga menemukan fotografi dengan kecepatan tinggi.

Tahun 1899
Pada masa ini dipakai sistem penyimpanan dalam tape (pita) magnetis yang pertama tetapi pada masa ini penyimpanan masih bersifat analog belum digital seperti masa sekarang.

Tahun 1923
Zvorkyn menciptakan tabung TV yang pertama.

Tahun 1940
Pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi pada masa Perang Dunia 2 yang dipakai untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetik tape.

Tahun 1945
Sistem pengkodean memakai hypertext dikembangkan Vannevar Bush. Pemakaian hypertext sudah berkembang seiring dengan perkembangan desain web site yang saat ini berkembang.

Tahun 1946
Teknologi komputer digital pertama di dunia ENIAC I dikembangkan walaupun belum begitu banyak pemakai tetapi teknologi computer sudah digunakan instansi-instansi tertentu.

Tahun 1948
Transistor dikembangkan para peneliti di Bell Telephone.

Tahun 1957
Transistor planar dikembangkan Jean Hoerni mengembangkan. Teknologi ini memungkinkan pengembangan jutaan bahkan milyaran transistor dimasukan kedalam sebuah keping kecil kristal silikon. Sputnik diluncurkan oleh Rusia sebagai satelit bumi buatan pertama yang bertugas sebagai mata-mata. Karena hal tersebur Amerika membentuk Advance Research Projects Agency (ARPA) di bawah kewenangan Departemen Pertahanan Amerika untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam bidang militer.

Tahun 1972
E-mail diciptakan oleh Ray Tomlinson sebagai program pertama yang digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh menggunakan teks. E-mail yang dikenal saat ini yang sring juga disebut sebagai surat elektronik.

Tahun 1973-1990
Internet pertama kali diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian dikenal dengan nama TCP/IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA. Pada tahun 1981 National Science Fondation mengembangkan Backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan. Kemudian pada tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi diantaranya : DARPA, ARPANET, DDN, dan Internet Gateway.

Tahun 1991-Sekarang
Perkembangan peradaban manusia merasuki semua bidang. Sistem bisnis berbasis teknologi pun dilakukan. Ketika CERN dalam menanggulangi biaya operasionalnya memungut bayaran dari para anggotanya. Pada tahun 1992 pembentukan komunitas internet, kemudian diperkenalkan istilah World Wide Web (WWW) oleh CERN. Pada tahun 1993, NSF membentuk interNIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), jasa registrasi (oleh Network Solution Inc), dan jasa informasi (oleh General Atomics/CERFnet). Perkembangan pertumbuhan internet berkembang  sangat pesat pada tahun 1994. Internet merambah ke dalam segala segi kehidupan manusia yang menjadikan internet sebagai bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. Perusahaan umum pada tahun 1995 mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di Backbone. Langkah ini menjadi tapakan dasar pengembangan teknologi informasi terkhusus internet serta masih dilakukannya berbagai penelitian dalam mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar