Jumat, 02 November 2012

Lokasi Kampus Universitas Malikussaleh

Kampus Induk

Rencana Kampus Induk Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh (Kampus Cot Tengku Nie Reulet) berada di Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara, berjarak lebih kurang 22 Km dari Kota Lhokseumawe (dari arah timur) atau berjarak lebih kurang 38 Km dari Kota Bireuen, Kabupaten Bireuen (dari arah barat). Lahan lokasi kampus tersebut meliputi 4 (empat) buah desa, yaitu: Desa Reuleut Timur, Desa Reuleut Barat, Desa Paya Gaboh dan Desa Cot Kuemuneng, dari jalan negara Banda Aceh - Medan berjarak lebih kurang 1,5 Km ke arah Selatan jalan. Untuk menuju ke lokasi kampus dapat ditempuh dalam waktu lebih kurang 30 menit dari kota Lhokseumawe atau dalam waktu lebih kurang 50 menit dari kota Bireuen dengan menggunakan bus angkutan antar kota.

Lahan Kampus di Cot Tengku Nie Reuleut yang dimiliki Universitas Malikussaleh seluas 84 Hektar, telah bersertifikat. Dalam arah timur - barat (sejajar dengan jalan raya Banda Aceh - Medan) mempunyai panjang lebih kurang 1.880 m dan dalam arah utara - selatan mempunyai panjang lebih kurang 756 m, bentuk lahan yang ada, belekuk-lekuk sangat tidak beraturan.

Kondisi permukaan tanah berbukit, terdapat beberapa bagian lembah yang curam. Sebagian besar (60%) ditumbuhi oleh semak belukar. Di lokasi ini juga terdapat makam ulama pada masa kerajaan Samudera Pase, yaitu makam Teungku Nie Reuleut. Secara umum, tekstur tanah keras berkapur, tidak ditemui sumber air pada permukaan tanah.

Kampus Lancang Garam

Pusat Administrasi, gedung lama di Jl. Tgk. Cik Ditiro, gedung baru di Jalan Samudra. Gedung administrasi, yang bertingkat 3 dan berdiri di atas tanah seluas 1.210m2, terdiri dari 20 ruang administrasi. Tiga gedung yang lain mempunyai luas keseluruhan 13.058 m2 dan 169 ruang kelas.

Kampus Bukit Indah

Ada empat gedung utama yang berdiri di empat lokasi yang berbeda: Pusat Administrasi, gedung lama di Jl. Tgk. Cik Ditiro, gedung baru di Jalan Samudra dan Kampus Reuleut. Gedung administrasi, yang bertingkat 3 dan berdiri di atas tanah seluas 1.210m2, terdiri dari 20 ruang administrasi. Tiga gedung yang lain mempunyai luas keseluruhan 13.058 m2 dan 169 ruang kelas. Gedung tersebut di gunakan untuk keperluan perkuliahan dan laboratorium.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar