Jumat, 02 November 2012

Rencana Strategi Teknik Informatika

Program Studi Teknik Informatika Universitas Malikussaleh berkeinginan untuk dapat menguasai dan mengembangkan Teknologi Informasi di Kabupaten Aceh Utara khususnya dan Provinsi Aceh pada umumnya. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, saat ini 60% dari dosen/tenaga pengajar di Teknik Informatika sedang melanjutkan pendidikannya. Dosen yang sedang melanjutkan pendidikan saat ini berada di Universitas-Universitas yang mapan dan terkenal di Malaysia, Jawa dan Sumatera. Diharapkan dengan kegiatan ini, mutu dan kualitas dari prodi Teknik Informatika Unimal akan semakin baik dan meningkat.
Dari tahun ke tahun, minat calon mahasiswa untuk memasuki prodi Teknik Informatika semakin meningkat, seperti untuk SNMPTN 2012 ini, Prodi Teknik Informatika merupakan pilihan terfavorit bagi calon mahasiswa tersebut di Universitas Malikussaleh. Hal ini merupakan sebuah kebanggaan dan juga sebuah tantangan. Namun dengan daya tampung yang terbatas, mengakibatkan tidak semua calon mahasiswa tersebut dapat kuliah di Teknik Informatika.
Melihat kenyataan tersebut dan juga melihat kepada bidang minat dan pangsa pasar tenaga kerja di Aceh Utara/Lhokseumawe khususnya dan di Aceh umumnya, saat ini Prodi Teknik Informatika sedang mengajukan permohonan pembukaan prodi baru ke direktorat pendidikan tinggi (Dikti) yaitu program studi Sistem Informasi. Diharapkan dengan adanya prodi baru tersebut maka daya tampung mahasiswa akan semakin meningkat.
SSelain pengiriman dosen untuk melanjutkan pendidikan, pembukaan prodi baru, Prodi Teknik Informatika juga akan melakukan peningkatan mutu kualitas teknisi dan Laboran, serta tenaga Adm. Hal ini sudah diakomidir dalam restra fakultas Teknik Unimal. Kerja sama dengan berbagai stakeholder dari dalam/luar daerah juga sedang diusahakan oleh Prodi Teknik Informatika. Saat ini, sebagian mahasiswa Teknik Informatika sudah dapat melakukan Kerja Praktek pada berbagai stakeholder baik itu lembaga Pemerintahan, BUMN, maupun Swasta. Sehingga diarapkan nantinya para lulusan Teknik Informatika sudah siap ketika mereka memasuki duni kerja.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar